Berita

Previous
Next

#3 Studium Generale
"Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar bagi Calon Pendidik dan Peneliti Fisika"

Studium Generale (Kuliah Umum) #3 ( Edisi Bulan April) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Kebumian (FMIPAK) Universitas Negeri Manado (Unima) mengangkat tema tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Calon Pendidik dan Peneliti Fisika. Pada kesempatan ini Jurusan Fisika mengundang narasumber salah satu Duta Teknologi Kemendikbudristek (Kementrian Pendidikan Riset dan Teknologi), Filemon Sagala, S.Si. Beliau sudah cukup berpengalaman di bidangnya dan saat ini menjadi salah satu pendamping guru penggerak program Kemendikbudristek. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 28 April 2023. 

Kuliah umum kali ini langsung dibuka oleh Ketua Jurusan (Kajur) Fisika Unima bapak Alfrie Musa Rampengan, S.Si., M.Sc.  Dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan kuliah umum menjadi agenda bulanan jurusan Fisika. “Studium Generale ini sudah diadakan untuk ketiga kalinya. Kita berharap kegiatan ini akan menjadi agenda bulanan, untuk menambah kompetensi lulusan Jurusan Fisika Unima” ungkap Alfrie, Kajur Fisika. 

Dalam pemaparannya Narasumber Filemon Sagala menyampaikan bahwa ada beberapa perbedaan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka belajar. “Pada kurikulum 2013 sangat berbeda dengan kurikulum Merdeka Belajar. Perbedaan mendasar misalnya pada RPP diganti dengan Modul Ajar. Selanjutnya pada proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan murid. Jadi pembelajaran itu fokus pada minat siswa. Sehingga pada awal pembelajaran perlu ada pemetaan. Setiap siswa dipetakan kedalam kelompok keahlian atapun kelompok peminatan. Dikarenakan setiap minat siswa itu berbeda beda maka dilakukanlah pembelajaran Berdifferensiasi, pembelajaran yang bervariasi.  Pada media pembelajaran dibuat dengan perpaduan antara media digital dan media konkret” papar Filemon Sagala.

Kuliah umum yang dimoderatori oleh bapak Parno  Mahulae, S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa pelaksanaan kuliah umum ini untuk menambah pengetahuan baru tentang pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di sekolah. “Pelaksanaan kurikulum merdeka belajar ini memang perlu sosialisasi yang lebih banyak. Dikarenakan kita juga sebagai lembaga yang mempersiapkan para calon pendidik jangan sampai ketinggalan informasi tentang pelaksanaan kurikulum merdeka belajar ini. Hal ini juga berpengaruh kepada penelitian yang akan dilakukan para dosen maupun mahasiswa di sekolah. Kita juga sangat senang dengan kehadiran duta teknologi kemendikbudristek yang memberikan informasi tentang perkembangan kurikulum merdeka belajar. Semoga dengan kegiatan kuliah umum kita dapat mempersiapkan para pendidik yang sesuai dengan kurikulum merdeka belajar” ucap Parno. 

 

LIKE, FOLLOW, SUBSCRIBE, AND SHARE OUR SOCIAL MEDIA

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Uncategorized
fisikaunima

Studium Generale #9

Berita #9 Studium Generale “Green Entrepreneurship” Hallo sobat Fisika, Semangat Eureka ! HMJ Fisika FMIPAK Unima Mempersembahkan Kegiatan Rutin Jurusan Fisika FMIPAK Unima. Mari bergabung

Read More »
Uncategorized
fisikaunima

Studium Generale #8

Berita #8 Studium Generale “Capacitors, The Hidden Stars of Electricity” Jum’at, 6 Oktober 2023 telah berlangsung Studium Generale Jurusan Fisika Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam,

Read More »
Informasi Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *